Selasa, 25 Februari 2014

Perbedaan Shutdown, Hibernate, Log Off, Sleep, Restart, Swich User, Lock.

Selasa Pagi! ehhh kebalik, maksudnya Pagi Selasa ^^
ehh salah, ini rabu yaaa (human error) oke nanti aja ngepostnya. gak ding hohohoho :D Gak lucu ya? iya garing yaa niat lawak tp gagal, yaiyalah akukan bukan sule :p

Yap kali ini aku mau ngepost nihh tentang apa-apa aja sihh perbedaan dari menu shutdown, kan ada tanda panah tuhh, ada macem-macem. nahh ini gambarnya .....




tuhhh bisa diliat dari gambar, terutama yang dilingkarin (ceileeee). Nah! itu dia yang akan dibahas sekarang, aku ngepost juga buat aku sendiri soalnya aku kurang paham juga, makanya aku post biar akunya makin paham juga hehehe semacam simbiosis mutualisme, sama-sama menguntungkan buat penulis dan pembaca hihihih :3 (semoga istilah biologi yang aku pake bener).

Nahh baiklah yang biasa digunakan bagi kebanyakan orang itu shutdown, restart umunya sihh itu (kalo menurut akusihhh). Nahh fungsi yang lainnya apa dong? perbedaannya apa? baiklahh mari saya paparkan dengan singkat dan jelas!

1. SHUTDOWN

     nahh untuk yang satu ini pasti banyak taukan sistem kerjanya. Shutdown memerintahkan semua komponen komputer (RAM, hardisk, prosesor, dll) untuk dinonaktifkan, yaitu diputus aliran listriknya. Nah pada saat yang seperti ini, RAM dikosongkan, sehingga jika kita menghidupkan komputer/laptop kembali butuh waktu agak lama untuk me-loading sistem operasinya. 
Berikut Shortcut Keyboard-nya : WIN + RIGHT + ENTER
2. HIBERNATE

      Pada tombol hibernate, komponen komputer juga dimatikan secara keseluruhan, sama seperti shutdown. Bedanya, sebelum dimatikan (sebelum mengosongkan RAM), isi dari memori atau RAM tersebut disalin ke harddisk terlebih dahulu, sehingga saat hendak dihidupkan kembali,tidak membutuhkan waktu terlalu lama karena isi RAM sudah ada di harddisk.
     
      Berikut Shortcut Keyboard-nya: Win +  Right + Right + Right + H
 
3. LOG OFF

     Log off ini digunakan untuk pergantian pengguna komputer dengan menutup program. Log-Off – guna log off sebenernya kalau dalam satu komputer ada 2 ato 3 user, jadi ketika kita akan exit windows cukup kita log off user name kita tanpa harus shut down, dan memudahkan pengguna lain untuk Log-In tanpa harus meng-start komputer dari awal dan juga mempercepat ketika akan digunakan. dalam keadaan log off sebagian besar komponen komputer dlm keadaan hidup tapi tidak bekerja, dan juga mengirit listrik jadi kalo cuma satu pengguna saja tidak ada artinya kalo kita log off, karena orang lain bisa menghidupkan komputer tersebut.

Berikut Shortcut Keyboard-nya: Win + Right + Right + Right + L 

4. SLEEP

     Nahh disini yang buat aku bingung, perbedaan antara sleep dan hibernate. Kalo diliat biasa-biasa aja kayaknya sama aja sihh antara hibernate sama sleep. Tapi, dari namanya aja beda, pasti beda juga sihh sistem kerjanya :3
Tombol Sleep dipergunakan untuk membuat komputer tertidur, namanya juga sleep, tidur kan artinya. ternyata laptop/komputer juga bisa tidur. teknologi memang sangat canggih (salah fokus o.o).

KEMBALI KE LAPTOP! maksud tertidur disini adalah, windows menyimpan semua aktifitas nya di dalam RAM dan berjalan dengan POWER yang sangat kecil ( listrik yang digunakan sangat sedikit ) dan memungkinkan kembali seperti semula hanya dengan beberapa detik. Hanya saja SLEEP ini hanya bisa berjalan jika masih ada batrenya.

Berikut Shortcut Keyboard-nya: Win + Right + Right + Right + S

5. RESTART
     
     nah untuk opsi yang satu ini, pasti udah banyak yang paham, iyaa, mematikan komputer/laptop seperti shutdown dan secara otomatis menghidupkannya kembali.

Berikut Shortcut Keyboard-nya: Win + Right + Right + Right + R

6. SWICH USER

      Switch User digunakan untuk pergantian pengguna komputer tanpa menutup program. Maksud pengguna disini adalah pengguna yang mempunyai hak akses terhadap komputernya dan biasanya pengguna ini mempunyai password untuk mengakses komputer tersebut.

 Berikut Shortcut Keyboard-nya: Win + Right + Right + Right + W

7. LOCK

     Mengunci komputer, jika ingin meninggalkan komputer misal ke toilet, biar gak dibajak oleh oarang-orang iseng. bukan maksud berprasangka buruk, kan mencegah lebih baik dari pada mengobati *bijak*,  fungsi ini sangat cocok di gunakan, karena komputer akan terkunci, sehingga apabila ingin menggunakan komputer kembali, ya kita harus memasukan passwordnya.

 Berikut Shortcut Keyboard-nya: Win + L

Demikianlah postingan satu ini, semoga bermanfaat yahh. Ini emang bermanfaat sekali buat saya heheheh..
aku gak akan bisa ngepost ini tanpa sumber-sumber yang terkait. kalo penjelasanku belum jelas, silahkan chek DISINI dan DISINI ^^

Keep Calm and Stay UNYU!!!

1 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya..
    Semangat ya untuk terus memposting blog bermutu ^o^

    BalasHapus