Jumat, 19 Oktober 2012

Database, Database Management Systems (DBMS) dan Database Manipulation Language (DML)

Aku akan bagi-bagi ilmu nih yang udah aku pelajari di mata kuliah Basis Data. Materinya tentang pengertian dari Database, Database Management Systems dan Database Manipulation Language.
Berikut materinya :D

        Database merupakan kumpulan data yang saling berhubungan.Hubungan antar data dapat ditunjukan dengan adanya field/kolom kunci dari tiap file/tabel yang ada. Dalam satu file atau table terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam.
Satu record (umumnya digambarkan sebagai baris data) terdiri dari field yang saling berhubungan menunjukan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan disimpan dalam satu record.
Adapun Struktur Database adalah: 
1. Database 
2. File/Table 
3. Record



        DBMS (DataBase Management System) adalah sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Sistem ini dibuat untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas.Pada pendekatan yang berbasis berkas, umumnya perancangan sistem didasarkan pada kebutuhan individual pemakai, bukan berdasarkan kebutuhan sejumlah pemakai. Setiap kali terdapat kebutuhan baru dari seorang pemakai, kebutuhan segera diterjemahkan kedalam program komputer. Akibatnya, kemungkinan besar setiap program aplikasi menuliskan data tersendiri. Sementara itu ada kemungkinan data yang sama juga terdapat pada berkas-berkas lain yang digunakan oleh program aplikasi lain.


        Sedangkan dari sumber buku database system concepts 4th edition by silberschatz-korth-sudarshan, a database-management system (DBMS) is a collection of interrelated data and a set of programs to access those data. The collection of data, usually referred to as the database, contains information relevant to an enterprise. The primary goal of a DBMS is to provide a way to store and retrieve database information that is both convenient and efficient,
maksudnya, DBMS adalah kumpulan data yang saling terkait dan satu set program untuk mengakses data tersebut. Pengumpulan data, biasanya disebut sebagai database, berisi informasi yang relevan dengan perusahaan. Tujuan utama dari DBMS adalah untuk menyediakan cara untuk menyimpan dan mengambil informasi database yang baik, nyaman dan efisien.

           DML (Data Manipulation Language) merupakan bahasa basis data yang berguna untuk melakukan proses modifikasi dan pengambilan data pada suatu basis data. Modifikasi yang dapat dilakukan adalah penambahan (insert), pembaharuan (update), penghapusan (delete).

      Menurut buku database system concepts 4th edition by silberschatz-korth-sudarshanA data-manipulation language (DML) is a language that enables users to access or manipulate data as organized by the appropriate data model. Maksudnya bahasa yang memungkinkan pengguna untuk mengakses atau memanipulasi data sebagaimana yang diselenggarakan oleh model data yang sesuai.

There are basically two types:
• Procedural DMLs require a user to specify what data are needed and how toget those data.
• Declarative DMLs (also referred to as nonprocedural DMLs) require a user tospecify what data are needed without specifying how to get those data.

Sekian dulu yahh semoga bermanfaat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar